Peran DHEA untuk Kualitas sel Telur dan Cadangan Ovarium yang Menipis.

Apakah secara alami mendukung kesehatan sel telur menjadi penting dan  fokus bagi anda? Bagi banyak orang, menurunnya kesehatan telur terkait usia atau faktor lain seperti berkurangnya cadangan ovarium (DOR) adalah masalah kesuburan utama yang mereka alami.  Mereka mulai mencari informasi tentang  DHEA ketika mereka memulai penelitian mereka.

☆ Bagaimana DHEA Meningkatkan Kesehatan sel Telur

Saat ini, sekitar 1/3 klinik di dunia merekomendasikan DHEA dalam perawatan kesuburan mereka untuk wanita dengan cadangan ovarium yang berkurang (DOR) yang disebabkan oleh penuaan atau penuaan ovarium prematur. Studi menemukan DHEA meningkatkan lingkungan kaya androgen di mana produksi folikel telur tumbuh subur.

Mungkin kita tahu peran estrogen dan progesteron dalam kesuburan dan konsepsi, tetapi hal baru untuk  memahami peran androgen. Produksi androgen jelas menurun seiring dengan usia pada pria dan wanita. Namun, hormon androgen penting untuk seksualitas wanita, produksi lendir servik dan untuk lingkungan ovarium yang sehat.

Lebih lanjut, kadar androgen yang lebih tinggi memiliki efek peremajaan pada indung telur, meningkatkan perkembangan folikel, kualitas telur dan kuantitas telur dalam perawatan kesuburan. Semakin banyak penelitian menunjukkan suplementasi DHEA dapat meningkatkan kualitas embrio, meningkatkan tingkat keberhasilan IVF, dan dapat mengurangi kelainan kromosom yang menyebabkan keguguran bagi wanita dengan cadangan ovarium yang berkurang.

☆ Apa itu DHEA?

DHEA (dehydroepiandrosterone) adalah hormon androgen steroid. Ini adalah hormon pendahulu yang diubah menjadi estradiol dan testosteron dalam tubuh. Ini mendukung kesuburan, penuaan normal, fungsi kekebalan tubuh dan memberi sinyal antar sel.

Puncak produksi DHEA alami Anda berada di usia 20-an dan kemudian menurun sekitar 20% setiap dekade setelahnya. Bio-identik DHEA (disintesis dari Wild Yam) tersedia saat ini di banyak toko suplemen alami dan secara luas digunakan untuk mengatasi tingkat DHEA yang rendah pada pria dan wanita yang lebih tua.

☆ Panduan yang Disarankan untuk Penggunaan DHEA

– Gunakan DHEA dengan pemantauan medis karena dapat memetabolisme dengan berbagai cara di dalam tubuh (termasuk menjadi kelebihan estrogen atau testosteron).

– Hindari DHEA jika Anda memiliki PCOS karena kebanyakan wanita dengan PCOS sudah memiliki kadar androgen yang tinggi.

– Jika Anda mengonsumsi DHEA, pertimbangkan panel hormon bulanan untuk melihat bagaimana respons tubuh Anda. Sebagian besar wanita membutuhkan antara 50-75 mg setiap hari untuk mendukung cadangan ovarium.

– Jika Anda menjalani perawatan kesuburan medis, bicarakan dengan dokter Anda tentang penggunaan DHEA selama siklus Anda. Waktu perawatan khas dengan DHEA adalah 1-4 bulan dengan pemantauan medis.

– DHEA adalah hormon steroid dan dapat menghasilkan efek samping seperti kulit berminyak, jerawat atau peningkatan keringat. Itu juga dapat mempromosikan lebih banyak energi dan libido yang lebih kuat! Sabar. Berikan waktu kepada Anda untuk menyesuaikan diri dengan DHEA dan lakukan penyesuaian dosis dengan dokter Anda jika perlu.

Selain antioksidan seperti Ubiquinol dan mengikuti Diet Kesuburan, suplemen DHEA menjadi pilihan yang menjanjikan bagi wanita dengan masalah kesehatan telur yang berencana untuk konsepsi alami atau untuk perawatan kesuburan seperti IVF. Jangan lupa, diskusikan manfaat potensinya bagi Anda dengan penyedia layanan kesehatan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *